8 Langkah Install TWRP Redmi 5A Lewat Fastboot (Toolkit)

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi 5A – Apabila saat ini sudah sukses melakukan unlock pada bootloader Xiaomi Redmi 5A dan ingin mendapatkan hak akses ke root sistem hal pertama yang harus di lakukan adalah instal TWRP. Tutorial yang akan saya share ini tidaklah sulit untuk kamu terapkan di Xiaomi Redmi 5A.

Salah satu ciri khas dari smartphone Redmi 5A ini adalah sisi ukuran layar 5 Inci yang berteknologi IPS LCD Capacitive yang responsif berkualitas Full HD. Untuk resolusi nya sendiri mencapai ukuran 1280 x 720 pixels.

Redmi 5A sendiri merupakan HP premium masa kini yang sangat menarik jika dilihat dari tampilan casing. Sisi jeroan akan di balut bodi yang terbuat dari bahan material full metal dengan tiga pilihan warna yang di tawarkan yakni hitam, putih dan emas.

Sebagai versi downgrade dari seri Xiaomi Redmi 5 tentu saja smartphone ini terjadi penurunan dari sisi mesin yang dipakai. Harga lebih murah merupakan alasan Xiaomi Redmi 5A memakai RAM berkapasitas 2GB serta chipset tipe Snapdragon 425.

Apa Itu TWRP?

TWRP merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project yang mana hasil pengembangan para developer dalam memodifikasi Recovery perangkat Android.

Dengan adanya TWRP kita bisa melakukan instalasi Custom Rom, Stock ROM, Downgrade Rom, berbagai file flashable zip bahkan Rooting HP kita dengan mudah karena dengan adanya TWRP kita tidak perlu menggunakan tombol volume untuk navigasinya, dengan TWRP kita bisa install dengan cara menyentuh Menu yang muncul di HP kita saat masuk ke mode TWRP , TWRP sendiri mempunyai banyak Menu tidak seperti CWM yang sudah ketinggalan jaman.

Persyaratan

  • Pastikan telah sukses Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Redmi 5A
  • Mempunyai Personal Komputer (PC) atau Laptop/Netbook
  • Usahakan baterai HP kamu telah terisi sekurangnya 60%
  • Usahakan menggunakan kabel usb bawaan Xiaomi dan pastikan masih baik
  • Pastikan USB Debugging telah Aktif
  • Sebelum memasang TWRP, kalau kamu menggunakan password Lockscreen dan Enskripsi data, sebaiknya di hapus terlebih dahulu. Untuk mencegah saat di TWRP terkunci dan internal storage tidak terbaca.

Kalau kamu sudah memenuhi persyaratan di atas dan sudah mendownload file yang di butuhkan, sekarang kita akan melanjutkan proses instalasi TWRP di Xiaomi Redmi 5A.

Proses Install TWRP Xiaomi Redmi 5A

  1. Pertama download terlebih dahulu Toolkit TWRP Android 7.1 Redmi 5A (Riva) ini.
  2. Extract file toolkit di PC atau Laptop.
  3. Hasil extract akan ada file yang bernama Noverity.zip.
  4. Pindahkan file tersebut ke HP Redmi 5A, letakan di tempat yang mudah diingat.
  5. Sekarang masuk ke Fastboot Mode.
  6. Caranya matikan HP terlebih dahulu.
  7. Kemudian pencet tombol Power dan Volume Bawah bersamaan, tahan sampai masuk ke Fastboot.
  8. Kemudian buka folder TWRP Redmi 5A yang ada di PC.
  9. Klik file Flash-TWRP.bat kemudian ENTER.
  10. Otomatis TWRP akan langsung terpasang, dan masuk ke menu TWRP.
  11. Pilih menu Install dan cari file Noverity.zip.
  12. Kemudian Swipe To Flash.
  13. Setelah Noverity berhasil di install, kamu sudah bisa Reboot.
  14. Disini sudah sukses terpasang TWRP permanen.

Bagaimana Cara Masuk ke TWRP?

Untuk masuk ke menu TWRP sebenarnya banyak caranya, umumnya pengguna biasanya menggunakan cara melalui Updater.

  • Pilih Setelan.
  • Pilih Tentang Telepon.
  • Pilih Pembaharuan System.
  • Tap klik 3 titik di pojok kanan atas.
  • Pilih Mulai ulang ke Mode Pemulihan.

Selain itu kamu juga bisa masuk dengan cara matikan Riva, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power, tahan sejenak dalam beberapa detik dan lepaskan.

Bagaimana Cara Hapus TWRP?

Download Stock Mi Recovery Redmi 5A. Kemudian extraxt filenya, ambil recovery.img dan flashing seperti cara pasang TWRP yang saya posting seperti diatas.

Baiklah mungkin itu saja tutorial kali ini tentang cara pasang TWRP Xiaomi Redmi 5A. Saya harapkan untuk membaca artikel lainnya juga seperti tutorial lengkap meroot Xiaomi Redmi 5A Riva. Semoga informasi yang saya tulis bermanfaat.

Akhir Kata

Meskipun terjadi penurunan dari sisi hardware namun kinerja smartphone saat dipakai untuk aktifitas multitasking apapun, berani dibandingkan dengan kinerja smartphone lain yang saat ini sudah berada d pasaran. Sisi pengolah grafis GPU Adreno 505 akan berjalan berdampingan dengan sistem pengoperasian Android 7.1 Nougat dengan antarmuka UI MIUI 9.

Guna menampung data file yang dimiliki dipakai ruang penyimpanan super longgar berkapasitas 16GB. Jika internal ini di rasa masih kurang cukup. Pemiliki smartphone masih dapat menambahkan memeori tambahan sebesar 256GB. Di karenakan pada bodi 5A terselip slot MemoryCard ekternal yang bermanfaat menyematkan memori tambahan tersebut.