Aplikasi Root Samsung S7, Edge, Active Manfaat & Resiko

Langkah awal untuk mulai meningkatkan kemampuan HP Samsung Galaxy S7 ini adalah mendapatkan hak akses root dahulu. Anda dapat mengikuti panduan ngeroot Galaxy S7, S7 Active dan S7 Edge melalui halaman ini.

Walaupun sudah terkenal sebagai salah satu vendor smartphone, namun Samsung tidak pernah berhenti untuk menciptakan smartphone dengan inovasi dan teknologi terbaru.

Varian Samsung S7 Active ini jauh lebih tinggi dibandingkan Galaxy S7 yang lain. Pasalnya, handphone ini disematkan dengan komponen hardware dari chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 yang berpadu sempurna dengan GPU Adreno 530 dan processor Quad Core (Dual-core 2.15 GHz Kryo dan dual-core 1.6 GHz Kryo).

HP ini dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan varian Galaxy S7 biasa ataupun Galaxy S7 Edge, karena kemampuan kameranya mampu menyamai kedua ponsel tersebut. Dimana Samsung membekalinya dengan kamera belakang beresolusi 12 MP. Kamera tersebut dilengkapi teknologi Dual Pixel dan Aperture F/1.7 yang terbukti mampu memaksimalkan pemotretan pada kondisi kurang cahaya.

Pengertian Root Manfaat dan Resiko

Root merupakan sebuah cara untuk mengakses, mengedit, menambahkan file sistem dengan mudah. Dengan memiliki akses root di Samsung Galaxy S7 Active, kamu bisa melakukan banyak hal, seperti menghilangkan iklan, uninstall aplikasi bawaan, mengetahui password WiFi, memutuskan koneksi Internet orang lain dan masih banyak lagi.

Manfaat Root

  • Integrate updated system app ke ROM – sehingga menghemat memory di partisi /data. Selain itu juga melindungi updated app tadi dari factory reset.
  • Merubah hardware key – Swap tombol back dengan menu. Ganti ulang semua coding tombol hardware, matiin LED, matiin Hardware key dan backlightnya.
  • Mengubah tampilan per app – Bisa kustomisasi tampilan chrome jadi tablet version, ataupun mengganti font Whatsapp, Lock orientation untuk baca pdf, dan lain sebagainya.
  • Speedup ataupun slowmo – Untuk beberapa game yang menggunakan clock system, kecepatan game bisa dihack sehingga menjadi sangat cepat, sehingga progress lebih cepat selesai (misalnya bangun tower defense lebih cepat selesai). Atau untuk game yang memerlukan respon yang cepat, bisa diperlambat, sehingga lebih gampang melewatin momen2 critical, contohnya di game runner ataupun puzzle yang ada timernya.
  • Unlock limitasi network dari vendor – Misalnya kecepatan network yang dibatasin hingga speed tertentu bisa dibuka hingga speed maksimal.

Resiko Root

  • Garansi hilang secara software – kalau kamu klaim dalam kondisi root dan modif. Untuk smartphone tertentu ada yang agak susah untuk dibalikkan ke original. Tapi dalam kebanyakan kasus, semua modif bisa dikembalikan seperti semula.
  • Memperbesar resiko terjadi error – Pastinya kalau kamu salah memodifikasi, smartphone kamu bisa error.
  • Memperbesar potensi adanya malware – Apabila kamu sembarangan menginstall aplikasi tentunya akan beresiko masuknya malware. Untuk membersihkannya hanya cukup dengan uninstall app yang dicurigai sebagai malware.

3 Aplikasi Root Samsung Galaxy S7 / Active / Edge Tanpa PC

Root Samsung S7
Semua perangkat Android yang beredar saat ini secara default memang tidak dalam keadaan root. Saat ini Anda bisa menggunakan aplikasi seperti dibawah ini untuk meroot Samsung Galaxy S7.

Caranya sangat mudah untuk melakukan root di Samsung Galaxy S7 Active tanpa perlu ribet mendapatkan tutorial atau tools.

1. Kingroot

Root Samsung Galaxy S7 Active via KingRoot
Jika saat proses root muncul notifikasi dalam antrian, itu disebabkan oleh server kingroot lagi overload ataupun sedang dalam perbaikan. Sehingga mereka membatasi sementara. Untuk itu Anda tunggu saja dalam beberapa menit kemudian di coba kembali.

Untuk lengkapnya proses root dengan kingroot, lihat panduannya dibawah ini.

  1. Buka Pengaturan Samsung Galaxy S7 Active.
  2. Pilih Keamanan.
  3. Beri centang Sumber tidak dikenal.
  4. Download Kingroot.
  5. Nonaktifkan internet terlebih dulu.
  6. Install Kingroot.
  7. Aktifkan kembali internetnya.
  8. Buka aplikasi Kingroot.
  9. Tap tombol Try Root.
  10. Sekitar 3 menit muncul Root Berhasil.

2. Kingoroot

Root Samsung Galaxy S7 Active via KingoRoot
Jika Anda tidak berhasil install aplikasi Kingoroot ini, silahkan matikan internet terlebih dahulu, kemudian coba install lagi. Kalau sudah terpasang jangan lupa aktifkan kembali internetnya.

  1. Download aplikasi KingoRoot APK.
  2. Buka menu Pengaturan.
  3. Aktifkan Sumber tidak dikenal.
  4. Aktikfan Opsi Pengembang.
  5. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Install aplikasi KingoRoot APK.
  7. Buka Kingoroot.
  8. Tap tombol One Click Root.
  9. Proses root dimulai.
  10. Tunggu sampai muncul Root Succeed.
  11. Itu artinya root telah berhasil.

3.Magisk

Root Samsung Galaxy S7 Active via Magisk
Jika aplikasi Magisk Manager belum muncul, silahkan coba lagi ngerootnya sampai beberapa kali dan usahakan internet yang digunakan cepat dan stabil.

  1. Pastikan sudah pasang TWRP di Samsung Galaxy S7 Active Anda.
  2. Download file Magisk dan letakan di Memory Card.
  3. Masuk ke TWRP.
  4. Tap menu Install.
  5. Pilih file Magisk zip.
  6. Geser tombol Swipe to confirm flash.
  7. Tap opsi Reboot System.
  8. Install Magisk Manager APK.
  9. Buka aplikasi Magisk Manager.
  10. Pilih Update.
  11. Selesai.

Akhir Kata

Setelah berhasil di root, Anda sudah bisa memasang TWRP agar dapat memasang bermacam custom ROM yang kompatible dengan Samsung S7 milikmu seperti LineageOS, Pixel Experience.

Akan tetapi Samsung menyatakan bahwa jika sudah di root maka akan kehilangan garansinya. Untuk itu Anda dapat melakukan proses unroot terlebih dulu agar garansi tidak jadi hilang.

Sekarang proses root telah selesai dan saya harap berhasil mengikuti petunjuk 3 cara ampuh mendapatkan akses root di atas. Pantau terus blog ini untuk mendapatkan panduan lain mengenai cara memasang custom recovery TWRP Galaxy S7.