17 Problem Error Pada SP Flash Tool Berserta Solusinya

SP Flash Tool adalah sebuah software yang digunakan untuk melakukan instalasi ulang firmware pada perangkat Android yang menggunakan chipset Mediatek. Tool ini memang dibuat oleh Mediatek untuk semua smartphone maupun tablet yang menggunakan Android.

Dengan tool ini kita tidak hanya bisa instalasi ulang tapi juga biasa digunakan untuk memperbaiki Android yang Bootloop, bahkan mati sekalipun tapi tentunya karena di akibatkan oleh kerusakan software dan partisi saja. Kalau HP kamu mati karena kerusakan hardware jelas tidak bisa di perbaiki dengan cara flash.

Menggunakan SP Flash Tool tidak selalu mulus dan berhasil, terkadang kita mengalami kegagalan dan biasanya muncul kode error apabila mengalami kegagalan.

Nah pada hari ini saya akan share kode error yang sering muncul di SP Flashtool dan juga saya memberika solusinya. Disini ada 17 kode error yang umum nampak saat mengalami kegagalan flashing dengan Sp Flash Tool.

Kode Error SP Flash Tool

  1. (1003)S_COM_PORT_OPEN_FAIL
    Masalah ini biasanya diakibatkan oleh port usb maupun kabel usb yang kamu gunakan sudah mulai kendor / kurang baik lagi. Untuk mengatasi masalah ini coba pindah ke port USB yang lain atau ganti kabel USB nya.
  2. (1013) S_COM_PORT_OPEN_FAIL
    Hampir sama masalah dengan di atas, kalau masih tidak berhasil juga coba ganti SP Flash Tool ke versi terbaru.
  3. (1011) S_NOT_ENOUGH_SPACE_STORAGE_SPACE
    Kalau problem seperti ini biasanya karena alokasi firmwarenya tidak sesuai dengan kapasitas yang bisa di tamoung oleh Hp kalian. untuk solusinya coba ganti ROM yang lain atau ganti Sp Flash Toolnya.
  4. (1022) S_UNSUPPOTED_VER_OF_DA
    Permasalahan ini dikarenkan SP Flash Tool yang kamu gunakan tidak mendukung download agent. Untuk mengatasinya ganti SP Flash Tool terbaru.
  5. (1040) S_UNSUPPORTED_OPERATION
    Problem ini diakibatkan karena menggunakan file scatter yang tidak sesuai dengan smartphone kalian. ya, solusinya gunakan file scatter yang memang di peruntukan untuk Android kalian.
  6. (2005) S_BROM_CMD_STARTCMD_FAIL
    SP Flash Tool mengalami kegagalan saat melakukan Flashing Preloader, Memory Test, ReadBack. Untuk solusinya masuk ke META Mode sebelum melakukan proses flashing Preloader ketika kamu menghubungkan smartphone kalian. Untuk caranya masuk ke META Mode tekan dan tahan tombol volume bawah dan sambungkan ke PC.
  7. (3001) S_DA_EXT_RAM_ERROR
    kalau seperti ini di karenakan Kabel usb yang tidak tersambung dengan benar. Untuk mengatasinya gunakan kabel usb atau port usb yang lainnya.
  8. (3013) S_DS_SOC_CHECK_FAIL
    Kesalahan pada UBOOT atau Path. Contohnya C://User/Username/Desktop/Firmware/ColorOS/ColorOS.
    Kalian mendapatkan UBOOT yang salah, UBOOT berguna untuk mengatur operasi system loader dan mengenali driver smartphone kalian. Untuk solusinya cek driver smartphone kamu apakah sudah terinstal secara tepat atau belum.
  9. (3036) S_DA_INVALID_RANGE
    Sebelum melakukan proses flashing, Flash tool akan mencocokan alamat smartphone kamu dengan file scatter, block PMT secara dinamis dibuat oleh program SP Flash Tool dari file scatter. Untuk menghapus atau menimpa PMT block dari file scatter, kamu harus menghapus terlebih dahulu PMT block dari smartphone kalian, caranya Format smartphone kamu menggunakan SP Flash Tool kemudian klik download maka secara otomatis SP Flash Tool akan menulis ulang Flash Data, PMT block dan data – data lainnya.
  10. (3066) S_DA_HANDSET_FAT_INFO_NOT-FOUND
    SP Flash Tool tidak dapat mem-format alamat region yang berbeda. Ini terjadi karena kamu menggunakan Format pada mode otomatis. Kalian harus mengatur region yang ingin kamu format secara manual.
  11. (3144) S_DA_EMMC_FLASH_NOT-FOUND
    Download agent tidak dapat menemukan EMMC. File scatter yang kamu gunakan salah. Ganti file scatter yang sesuai dengan smartphone kalian.
  12. (3182) S_STORAGE_NOT_MATCH
    ROM yang akan kamu flash untuk smartphone kamu tidak kompatible. Silahkan download rom yang benar-benar sesuai dengan versi smartphone kamu karena walaupun sama merk tetapi versi build nya berbeda sering terjadi pad MT6572 dan jangan lupa install Vcomm driver.
  13. (4009) S_FT_READBACK_FAIL
    Tidak dapat membuka file untuk flashing. Kemungkinan tidak adanya ruang atau file tidak dapat di tulis ulang karena status file terkunci. Silahkan kosongkan sebagian ruang terlebih dahulu, pastikan permission file flashing sudah benar.
  14. (4050) S_FT_NEED_DOWNLOAD_ALL_FAIL
    Pada Umumnya error ini karena masalah download pada semua block, ukuran PMT yang tidak sesuai. Ini di karenakan ukuran block pada PMT yang tidak sesuai dengan file scatter. Kamu harus menemukan log line pada BROM_DLL, kemudian mengganti pada
    Partition 13 (USRDATA) size changed from
    0x0000000000000 t0 0x00000000B620000
    Dan ganti juga USRDATA menjadi _NODL_USRDATA.
  15. (5007) S_FTHNDFILE_IS_NOT_LOADED_YET
    Masalah ini muncul karena ada salah satu file yang diceklist belum terload filenya.Buang centang pada list filenya jika tidak dibutuhkan atau load filenya jika dibutuhkan.
  16. (5059) S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE
    Firmware yang akan di flash bukan merupakan milik Android kalian. Pastikan Firmware yang akan di Flash merupakan Firmware yang tepat, alternatifnya gunakan stok rom yang berbeda.
  17. (5066) S_DL_PC_BL_INVALID_GFH_FILE_INFOR
    Flash Tool tidak dapat menemukan file yang diperlukan untuk flashing. File Scatter yang dipilih tidak berada pada satu folder yang dipersiapkan untuk File file flashtool. Letakkan file scatter menjadi satu pada folder yang dipersiapkan untuk bahan dan proses flashing.

Nah itulah 17 pesan error yang sering muncul saat kita mencoba melakukan flashing Android dengan menggunakan SP Flash Tool.